BURUH PEKERJA DAN KARYAWAN

Hal ini sangat sederhana sekali tetapi kebanyakan Buruh tidak dapat menjawab apabila di tanya perbedaan Buruh, pekerja dan karyawan.
BURUH PEKERJA DAN KARYAWAN

Secara umum pengertian Pekerja/buruh adalah setiap orang yang bekerja dengan menerima upah atau imbalan dalam bentuk lain.
Pengertian buruh di masyarakat adalah orang yang bekerja di wilayah-wilayah “ kasar” seperti pekerja bangunan, pekerja yang bekerja dipabrik.
Karyawan ada yang mendefinisikan seseorang yang bekerja di perkantoran,
Pegawai diasumsikan seseorang yang bekerja di instansi pemerintah,
Pekerja sendiri diartikan secara umum yakni orang yang bekerja pada satu perusahaan / instansi mendapat tugas / pekerjaan serta upah sebagai imbalannya.
Asumsi-asumsi tersebut karena berlangsung cukup lama membuat seseorang “ pegawai” atau seorang “ karyawan” tidak mau disebut buruh , apalagi disebut “ kuli” yang diasumsikan sebagai seseorang yang bekerja sebagai pekerja yang melakukan bongkar muat di pasar, pelabuhan, ataupun terminal.
Secara prinsip tidak ada perbedaan antara buruh,pekerja, karyawan, pegawai dan kuli.
Perbedaaannya hanya pada istilah saja, dan semua istilah tersebut secara prinsip mempunyai persamaan, yakni setiap orang yang bekerja dengan menerima upah atau imbalan.
Jadi tidak ada alasan yang kuat untuk membuat perbedaan
UU No 13 th 2003 Pasal 1, ayat 3

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.